.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }
Rabu, 09 Agustus 2017

Uji Validitas Dan Reliabilitas

Assalamualaikum....sahabat statistika
Sebelum kita membahas apa itu uji validitas dan reliabilitas, terlebih dahulu sahabat perlu mengetahui bahwa analisis ini digunakan ketika dalam suatu penelitian kita membutuhkan suatu instrument atau alat yang kita butuhkan untuk mendapatkan informasi tentang apa yang kita cari dalam penelitian tersebut. Dalam uji validitas dan reliabilitas uji yang kita gunakan dapat digunakan untuk data populasi ataupun populasi namun kebanyakan dalam penerapannya digunakan dalam pengambilan data berupa sampel.


Uji validitas yaitu alat analisis statistik yang digunakan untuk menunjukan sejauh mana suatu alat ukut mampu mengukur apa yang diukur yang dapat digunakan untuk mendapatkan data yang diukur.
uji validitas terbagi atas 3 yaitu validitas konstruk, isi, dan validitas eksternal. pada validitas kontruk analisis yang digunakan biasanya analisis faktor eksplanatori sedangkan validitas isi analisis statistik yang digunakan berupa product momen, sedangkan pada validitas eksternar analisis yang digunakan yaitu pebandingan dengan sampel lain.
pada validitas isi terbagi atas 2 yaitu validitas kriteria dan validitas prediktif. Yang membedakan validitas keduanya yaitu pada jarak waktu yang digunakan dimana validitas prediktif digunakan pada jarak waktu yang relatif lama.

Uji Reliabilitas yaitu alat analisis statistik yang digunakan untuk mengukut seberapa konsisten alat ukur mampu mengukur dengan perlakuan yang sama. Ada beberapa jenis reliabilitas diantaranya eksternal, internal, komposit, konstruk, inter-inter. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi reliabilitas yaitu:

1. Panjang tes dan kualitas butir-butir instrumen
2. Kondisi penyelenggara data administrasi



0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 BONTER STATISTIKA All Right Reserved