.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }
Minggu, 06 November 2016

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN STATISTIK DAN STATISTIKA


Salam teman-teman kali ini saya akan membagi beberapa ilmu yang saya dapat selama perkuliahan, mungkin banyak dari kita berpikir atau pernah berpikir tentang statistik atau statistika, kalaw untuk kamu didunia kuliah pastinya ilmu ini tidak asing bagi kalian dan berikut ini saya akan menjabarkan tentang pengertian statistik dan statistika:

Statististika menurut kamus statistik karangan B.S. Everitt dan A. Skrondal adalah sekumpulan paket ilmu untuk berbagai analisis tentang statistik.

Menurut Murray R. Spiegel, Statistika membahasa metode-metode ilmiah untuk pengumpulan, pengorganisasian, penyimpulan, penyajian dan analisis data, maupun menarik kesimpulan yang sahih dan membuat keputusan yang dapat diterima  berdasarkan analisis.


sedangkan Statistik adalah seni pengambilan keputusan tentang suatu proses atau populasi berdasarkan pada suatu analisis informasi yang terkandung dalam suatu sampel dari populasi itu.

Dalam pengertian yang sempit istilah statistika digunakan untuk menyatakan data itu sendiri atau bilangan-bilangan yang diturunkan  dari data, misalnya rata-rata, jadi kita bicara mengenai statistik kecelakaan, dan sebagainya.

Menurut kamus statistik karangan B.S. Everitt dan A. Skrondal statistik dalam arti jamak banyak telah didevinisikan diantaranya:

1. Statistik dapat dianggap sebagai studi tentang populasi atau studi tentang keragaman data, atau
    studi tengtang mengolah data
2. Statistik menyangkut masalah inferensial khususnya dalam masalah perencanaan dan analisis 
    eksperiment atau survei dengan sifat kesahalan pengamatan dan  sumber variabilitas yang didasari     pola data yang jelas dengan meringkas data secara efisien.
3. statistik adalah teknologi dari metode ilmiah
4. statistika adalah metode intelektual umum yang berlaku pada apapun data, variasi dan kesempatan munculnya data. itu adalah metode yang mendasar karena jenis data dalam dunia modern bisa terjadi dimanapun dengan kesempatan yang sama. statistik adalah disimplin ilmu yang bebas dengan ide inti sendiri, dari pada misalnya sebuah cabang matematika atau ekonomi... statistik menawarkan cara mendasar dan pemikiran umum yang independent.






0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 BONTER STATISTIKA All Right Reserved