.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }
Kamis, 25 Januari 2018

Jenis Penarikan Sampel

Dalam ilmu statistika  terdapat satu langkah awal untuk melakukan proses statistik secara keseluruhan yaitu proses pengambilan data. Dalam statistik terdapat 2 proses pengambilan data yaitu dengan cara Sensus dan Sampling.


1. Sensus
    Sensus banyak dieratkan dengan populasi dan bisa dikatakan proses pengambilan data populasi dimana kebanyakan penyelenggaraan sensus diadakan oleh pemerintah untuk membantu dalam pembangunan suatu wilayah pada jangka waktu tertentu. Dalam pengambilan data menggunakan sensus data yang diambil secara keseluruhan tanpa ada yang luput sekalipun. namun dari segi kesempurnaan dalam pengambilan data terdapat pula kekurangan dalam sensus tersebut diantaranya: memiliki biaya yang tinggi, memerlukan waktu yang lama dan kurang efisien untuk jangka waktu yang sedikit.

2. Sampling
    Sampling berasal dari kata sample atau contoh dimana salah satu fungsinya yaitu untuk mempermudah pengambilan data dengan cara mengambil sebagian dari data populasi.adapun jenis penarikan sampel terbagi atas 2 yaitu teknik penarikan dengan peluang yang sama atau probability sampling dan non probability sampling.
   Probability sampling adalah tekni pengambilan sample secara acak yang memberikan peluang yang sama dalam proses pengambilannya diantaranya: simple random sampling, sistematis sampling, cluster random sampling, dan stratified random sampling.
   Non probability random sampling diantaranya: sampling kuota, sampling insidental, sampling jenuh, dan snowbal sampling.

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 BONTER STATISTIKA All Right Reserved